PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI TOKEN EKONOMI DI KELOMPOK B TK ABA DUKUH GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Wahdanian Devi, Susanti (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI TOKEN EKONOMI DI KELOMPOK B TK ABA DUKUH GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Wahdanian Devi Susanti_11111241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui token ekonomi di TK ABA Dukuh Gedongkiwo Yogyakarta. Token ekonomi merupakan salah satu usaha yang digunakan untuk membentuk perilaku sesuai dengan tujuan yang diharapkan melalui penggunaan penghargaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat meningkat melalui token ekonomi. Tindakan dalam penelitian adalah pemberian stiker sebagai tanda bahwa anak telah menunjukkan perilaku sesuai target dan pemberian hadiah nyata sebagai penukar token atau reward tambahan. Teknis pemberian token ekonomi yaitu: 1) memberikan stiker dengan segera setelah anak menunjukkan perilaku sesuai target; 2) anak menempel sendiri token yang telah diterima pada papan token yang tersedia; 3) guru memberikan pengumuman penerima token terbanyak; 4) guru memberikan hadiah nyata pada hari ketiga sebagai penukar token bagi anak yang mengumpulkan token terbanyak. Pemberian token tetap disertai dengan penguatan verbal maupun isyarat. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus I, motivasi belajar anak meningkat menjadi 35,70% pada kriteria motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi, dan setelah Siklus II mencapai indikator keberhasilan sebesar 78,56% pada kriteria motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Kata kunci: motivasi belajar, token ekonomi, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 May 2016 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32914

Actions (login required)

View Item View Item