LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) / MAGANG III

SARATRI FAJAR JAYANTA, SARATRI FAJAR JAYANTA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) / MAGANG III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SARATRI FAJAR JAYANTA-FIS_PKNH-12401244011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)/magang III merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan PPL/magang III di SMA N 4 Yogyakartaini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Tujuan dari kegiatan PPL/magang III ini adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mentransfer, mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. mahasiswa dalam kehidupan nyata di sekolah ataupun lembaga pendidikan Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL/magang III melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masingmasing yang dalam hal ini meupakan guru maata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu Drs. Saryadi. Setelah dilakukan persiapan dilakukan praktek mengajar di sekolah mulai tanggal 10 Agustussampai dengan 12 September 2015. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X dan XIsesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Silabus, RPP, Media Pembelajaran, Soal Tuga, Soal Ulangan Harian, dilanjutkan praktik mengajar, Ulangan Harian dan Analisis nilai hingga penyusunan laporan PPL. Hasil kegiatan PPL/magang III memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL/magang III dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.Dari kegiatan praktik mengajar terbimbing ini praktikan belajar bagaimana membuka pelajaran, menyampaikan pembelajaran, menutup pembelajaran hingga mengkondisikan kelas dan memotivasi peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32911

Actions (login required)

View Item View Item