LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Retno Wahyuningsih, Retno Wahyuningsih (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RETNO WAHYUNINGSIH_FIS_ Pendidikan Sosiologi_12413241026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kependidikan yang mempunyai misi untuk menyiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga pendidik yang diharapkan memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai tenaga professional kependidikan. PPL merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Strata Satu (S1). Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang professional. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari ke dalam kehidupan nyata di masyarakat. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penyusunan melaksanakan kegiatan tersebut di SMA N 4 Yogyakarta, yang beralamat di Jalan Magelang, Karangwaru Lor, Tegalrejo, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Sosiologi. Sebelum praktikan terjun langsung untuk melaksanakan PPL, sebelumnya dilakukan persiapan terlebih dahulu seperti pembekalan PPL dan micro teaching yang berguna untuk mempersiapkan praktikan agar dapat melaksanakan Praktik Pengalamanan Lapangan dengan maksimal. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah, misalnya membantu piket sekolah. Dalam praktiknya, parktikan telah praktik mengajar sebanyak 8 kali di kelas X D, X E, X F, X G, X H, XI IS 1, XI IS 2, dan XI IS 3. PPL yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Praktik mengajar dilakukan dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran, diantaranya yaitu, metode ceramah, metode diskusi atau group investigation, dan metode tanya jawab. Praktik mengajar yang dilakukan praktikan juga menggunakan media pembelajaran seperti word square, power point, video pembelajaran, dan lain sebagainya. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PPL sampai akhir PPL, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. Kesimpulan dari PPL yang telah dilaksanakan adalah bahwa mahasiswa praktikan memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan untuk menyampaikan suatu argumen, pengarahan dan penjelasan di depan umum sehingga sangat bermanfaat untuk terjun di masyarakat nantinya sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan pada bangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32910

Actions (login required)

View Item View Item