LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Rahma Febrianti, Rahma Febrianti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
rahma.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Dalam melengkapi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu suatu program yang disebut Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa untuk dapat berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah bagi mahasiswa program pendidikan. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Akuntansi. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 september 2015 dilakukan sebanyak 6 kali. Kelas XI IPS (1) 1 kali, XI IPS (2) 1 kali, dan XI IPS 3 sebanyak 4 kali. Metode yang digunakan adalah ceramah , tanya jawab, diskusi, penugasan, dan permainan. Media yang digunakan adalah spidol, white board, kertas, LCD dan laptop. Evaluasi dilaksanakan di Kelas XI IPS. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL adalah:  Dari peserta didik, Ketidakaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan kelambanan dalam proses pencatatan materi menyulitkan praktikan untuk mengembangkan materi yang direncanakan. Serta kelas yang kurang kondusif di XI IPS 3 dikarenakan kelas istimewa yaitu Kelas Khusus Olahraga. Namun sebagai manusia perlu berusaha sesuai dengan kemampuan masing-masing. Besar harapan penulis akan kegiatan PPL ini bermanfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menciptakan profil seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 4 Yogyakarta, Akuntansi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32909

Actions (login required)

View Item View Item