LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Fitriani Fajar Sahwan, Fitriani Fajar Sahwan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitriani Fajar Sahwan_ FE_Pendidikan akuntansi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa dapat berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Akuntansi. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan pembuatan RPP, membuat media pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan di Kelas XI IPS 1 dan 6 kali pertemuan XI IPS 2. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan permainan. Media yang digunakan adalah spidol, white board, kertas, LCD dan laptop. Evaluasi dilaksanakan di Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Secara umum pelaksanaan PPL di SMA Negeri 4 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL adalah dari peserta didik, kurang keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran baik dari segi materi maupun dari sikap. Besar harapan penulis akan kegiatan PPL ini bermanfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menciptakan profil seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 4 Yogyakarta, Ekonomi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 05:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32906

Actions (login required)

View Item View Item