LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Ade Prahmadia Fuad, Ade Prahmadia Fuad (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ade Prahmadia Fuad_FE_Pendidikan Akuntansi_12803244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 4 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL terdiri dari 9 mahasiswa dari berbagai jurusan. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Praktik Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Akuntansi. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan pembuatan RPP, membuat media pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 september 2015, dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan di Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan permainan. Media yang digunakan adalah spidol, white board, kertas, LCD dan laptop. Evaluasi dilaksanakan di Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL adalah dari peserta didik, Ketidakaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan kelambanan dalam proses pencatatan materi menyulitkan praktikan untuk mengembangkan materi yang direncanakan. Namun sebagai manusia perlu berusaha sesuai dengan kemampuan masing-masing. Besar harapan penulis akan kegiatan PPL ini bermanfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menciptakan profil seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 4 Yogyakarta, Ekonomi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 05:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32903

Actions (login required)

View Item View Item