LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Nitya Dewi Kusuma, Nitya Dewi Kusuma (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NITYA DEWI KUSUMA - Pend. Geografi - (12405241012).pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta selama satu bulan sejak tanggal 11 Agustus 2015 – 11 September 2015. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksankan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat program tahunan, program semester, penentuan nilai kriteria ketuntasan minimal, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan format penilaian. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari satu kelas. Penulis sendiri mengampu dua kelas yang meliputi kelas X.E dan kelas XI IPS. Kegiatan praktik mengajar pada mata pelajaran geografi yang dilakukan oleh penulis dimulai dari tanggal 13 Agustus 2015 – 7 September 2015 dengan jumlah jam mengajar 4.5 jam per minggu di kelas X.E pada hari Sabtu (jam ke 5-5) serta di kelas XI IPS pada hari Senin (jam ke 7-8) dan hari Sabtu (jam ke 3- 4). Jumlah jam pertemuan yang berhasil penulis selesaikan selama kegiatan megajar di kelas XE dan XI IPS adalah 11 kali pertemuan, lalu penulis berkesempatan untuk mengajar di kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 sehingga jam tatap muka bertambah 2 kali menjadi totalnya yaitu 13 kali pertemuan. Selain mengajar, mahasiswa juga mengerjakan beberapa kegiatankegiatan di luar jam pelajaran (kegiatan non-mengajar). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah : (1) dari praktikan, penguasaan kelas yang kadang masih kurang (2) pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif, (3) dari siswa, terdapat beberapa siswa kurang memperhatikan penjelasan yang praktikan sampaikan saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran di kelas. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu agar ada kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri sehingga mahasiswa dapat menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dan penguasaan kompetensi pembelajaran serta meningkatkan kualitasnya. Kunjungan dan pengarahan dari pihak LPPMP dan DPL tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar, kepercayaan pihak sekolah terhadap praktikan PPL sangat diharapkan dalam rangka memotivasi dan membangun rasa percaya diri praktikan dalam proses pengajaran. Sekolah juga perlu tetap menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa PPL walaupun program pengalaman lapangan telah berakhir untuk menjaga silahturahmi antara sekolah, mahasiswa, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran, dan pengajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32883

Actions (login required)

View Item View Item