PENGARUH BUDGETARY GOAL CHARACTERISTICS TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KECUKUPAN ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Haryanti, Heni (2016) PENGARUH BUDGETARY GOAL CHARACTERISTICS TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KECUKUPAN ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HENI HARYANTI_12812141051.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. (2) Kecukupan Anggaran dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. (3) Komitmen Organisasi dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. (4) Kecukupan Anggaran dan Komitmen Organisasi bersama-sama memperkuat atau memperlemah pengaruh Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. Populasi penelitian ini adalah para dosen atau pegawai yang menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, serta Kepala Sub Bagian Keuangan dan Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini bersifat populatif dengan jumlah populasi sebanyak 117 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang kembali dan dapat digunakan sejumlah 76 kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, regresi linear sederhana dan moderating regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Budgetary Goal Characteristics berpengaruh positif terhadap Kinerja Manajerial. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,481 dengan signifikansi 0,000 dan nilai thitung>ttabel sebesar 5,018>1,9917. (2) Kecukupan Anggaran memperkuat pengaruh positif Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. Hasil interaksi antara Budgetary Goal Characteristics dengan Kecukupan Anggaran menghasilkan nilai koefisien 0,361 dengan signifikansi 0,000 dan nilai thitung>ttabel sebesar 5,177>1,9917. (3) Komitmen Organisasi tidak mampu memperkuat pengaruh positif Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. Hal ini dibuktikan dengan hasil interaksi antara Budgetary Goal Characteristics dengan Komitmen Organisasi menghasilkan nilai koefisien 0,063 dengan signifikansi 0,587 dan nilai thitung<ttabel sebesar 0,546<1,9917. (4) Kecukupan Anggaran bersama-sama Komitmen Organisasi memperkuat pengaruh positif Budgetary Goal Characteristics terhadap Kinerja Manajerial. Hasil interaksi antara Budgetary Goal Characteristics dengan Kecukupan Anggaran dan Komitmen Organisasi menghasilkan nilai koefisien 0,273 dengan signifikansi 0,035 dan nilai thitung> ttabel sebesar 2,151>1,9917 serta F hitung sebesar 12,278.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Manajerial, Budgetary Goal Characteristics, Kecukupan Anggaran, Komitmen Organisasi.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 May 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item