Purnama, Afifah Khaerunnisa (2016) PENGEMBANGAN LKS FISIKA BERORIENTASI SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IDENTIFIKASI VARIABEL DAN INTERPRETASI DATA MATERI FLUIDA UNTUK SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
3. BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS berorientasi scientific investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika bagi siswa SMA kelas XI dan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan mengidentifikasi variabel dan interpretasi data setelah menggunakan LKS scientific investigation dalam pembelajaran fisika materi fluida statik. Jenis penelitian ini mengadopsi desain 4-D Models yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (diseminate). Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan format dan desain LKS, serta instrumen penelitian. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh validator ahli dan praktisi. Data validasi dari validator dan analisis reliabilitas ICC digunakan untuk menunjukkan kelayakan LKS. Data penelitian didapatkan melalui angket respon siswa dan nilai pretest-posttest. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Telah dihasilkan LKS berorientasi scientific investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi fluida statik bagi siswa SMA kelas XI yang ditinjau dari hasil telaah instrumen LKS oleh validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat baik, serta analisis penilaian angket respon siswa dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil reliabilitas ICC diperoleh koefisien alpha sebesar 0.785 (acceptable). 2) Persentase ketercapaian siswa dalam mengidentifikasi variabel secara keseluruhan meningkat dari 8.82% menjadi 73.76%, sedangkan kemampuan siswa dalam menginterpretasi data meningkat dari 26.98% menjadi 75.13%. Dengan demikian, LKS scientific investigation keterpakaiannya dapat dikategorikan baik. Kata Kunci: lembar kerja siswa, identifikasi variabel, interpretasi data, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 23 May 2016 07:07 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32871 |
Actions (login required)
View Item |