PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA KKN-PPL FT UNY DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Riduwan, Singgih Prabowo (2016) PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA KKN-PPL FT UNY DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riduwan Singgih Prabowo-08501244035.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA KKN-PPL FT UNY DI SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Riduwan Singgih Prabowo Nim. 08501244035 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) Persepsi siswa terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY di SMK N 3 Yogyakarta, 2) Persepsi siswa terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY di SMK N 3 Yogyakarta, 3) Persepsi guru terhadap kompetensi perencanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY di SMK N 3 Yogyakarta, 4 ) Persepsi guru terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY di SMK N 3 Yogyakarta, 5 ) Persepsi guru terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY di SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini jika dilihat dari jenisnya adalah penelitian expost facto. Sampel pada penelitian ini adalah siswa dan guru SMK N 3 Yogyakarta, dengan subyek siswa kelas X, XI sebanyak 298 siswa, dan guru sebayak 10. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis tersebut untuk menggambarkan karateristik dari setiap perubahan yang ada dalam penelitian berupa bentuk distribusi frekuensi atau data, pie chart, rerata,median, mode, nilai minimal, dan nilai maksimal. Hasil penelitian persepsi siswa dan guru terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KKN-PPL FT UNY adalah sebagai berikut, 1) Persepsi siswa terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY berdasarkan rerata sebesar 76.53 dari nilai maksimal 104 termasuk dalam kategori baik, 2) Persepsi siswa terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY berdasarkan rerata sebesar 34.03 dari nilai maksimal 48 termasuk dalam kategori baik, 3) Persepsi guru terhadap kompetensi perencanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY berdasarkan rerata sebesar 27.90 dari nilai maksimal 36 termasuk dalam kategori baik, 4) Persepsi guru terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY berdasarkan rerata sebesar 107.70 dari nilai maksimal 144 termasuk dalam kategori baik, 5) Persepsi guru terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran mahasiswa KKN-PPL FT UNY berdasarkan rerata sebesar 34.70 dari nilai maksimal 48 termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Kompetensi Mengajar, Persepsi Guru, Persepsi Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 May 2016 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item View Item