LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL/ MAGANG III) DI SLB A YAKETUNIS

Dovi Uun Yutikasari, Dovi Uun Yutikasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL/ MAGANG III) DI SLB A YAKETUNIS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOVI UUN YUTIKASARI (12103241039).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL/ Magang III) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh yang dilaksanakan mahasiswa pada semester khusus. PPL/ Magang III dilaksanakan di SLB A Yaketunis oleh mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan tunanetra pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Jumlah mahasiswa PPL/ Magang III yang ditempatkan di SLB A Yaketunis adalah 11 mahasiswa. Kelompok PPL terdiri dari lima laki-laki dan 6 perempuan. PPL/ Magang III bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam menjalankan praktek mengajar siswa tunanetra. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk dapat mengerjakan administrasi sekolah, dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya. Selama kegiatan PPL/ Magang III, terdapat dua jenis kegiatan yaitu kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler adalah praktik mengajar yang dilakukan oleh setiap mahaiswa. Praktik mengajar dilakukan sebanyak enam kali. Sebelum melakukan praktik mengajar mahasiswa menyusun RPP berdasarkan data assesmen. RPP tersebut dikonsultasikan pada guru mata pelajaran/ guru kelas. Hasil revisi RPP dijadikan acuan pembuatan media dan pelaksanaan praktik mengajar. Di luar jam praktik mengajar, mahasiswa membantu mengajar di kelas ketika ada guru yang berhalangan hadir. Kegiatan ekstra kurikuler terdiri dari pramuka, upacara bendera hari Senin, upacara memperingati HUT RI ke 70, perlombaan memperingati HUT RI ke 70, melengkapi administrasi sekolah, dan perpisahan PPL/ Magang III. Administrasi sekolah yang perlu dilengkapi antara lain: pembuatan papan jadwal, jadwal kelas, pembaharuan data guru, dan pembuatan kalender akademik. Berdasarkan hasil kegiatan PPL/ Magang III dapat disimpulkan bahwa program tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Manfaat tersebut adalah memberikan pengalaman mahasiswa pengalaman langsung menangani siswa tunanetra dalam pembelajaran. Mahasiswa mengetahui berbagai hal yang harus dilakukan sebagai guru yaitu pelaksanaan administrasi, penyusunan rencana pembelajaran, dan kegiatan ekstra kurikuler. Selain itu mahasiswa memahamisebagai pedoman penting dalam penyusunan RPP adalah hasil assesmen anak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tunanetra, Yaketunis, PPL/ Magang III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32855

Actions (login required)

View Item View Item