HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN AKOMODASI PERHOTELAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada dua Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Yogyakarta)

Riani, Riani (2016) HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN AKOMODASI PERHOTELAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada dua Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riani - 035624020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN AKOMODASI PERHOTELAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada dua Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Yogyakarta) Peneliti : Riani ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1).Saran prasarana pendidikan apa saja yang tersedia untuk akomodasi perhotelan di SMK PI AMBARRUKMO 1 dan SMK KARYA RINI Yogyakarta?, (2).Sarana prasarana pendidikan apa saja yang dimanfaatkan akomodasi perhotelan di SMK PI AMBARRUKMO 1 dan SMK KARYA RINI Yogyakarta?, (3).Bagaimana motivasi belajar siswa akomodasi perhotelan di SMK PI AMBARRUKMO 1 dan SMK KARYA RINI Yogyakarta? dan (4) Apakah hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana pendidikan akomodasi perhotelan dengan motivasi belajar siswa di SMK PI AMBARRUKMO 1 dan KARYA RINI Yogyakarta? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan asosiatif, dan menurut jenis datanya penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan satu variable dependen dan dua variabel independen. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data pada hipotesis 1,2,dan3, menggunakan metode deskriptif dengan prosentase. Sedangkan hipotesis 4, menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution 17, (AnalisyzCorelation). Populasi penelitian adalah SMK PI AMBARRUKMO 1 dan SMK KARYA RINI Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dan proporsi untuk menentukan ukuran sampel menggunakan Table Krecjie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1).Ketersediaan sarana prasarana pendidikan akomodasi perhotelan di SMK PI AMBARRUKMO 1 masuk kategori baik dan SMK KARYA RINI masuk kategori “baik”. (2).Pemanfaatan sarana prasarana pendidikan akomodasi perhotelan di SMK PI AMBARRUKMO 1 dikategorikan “kurang baik”, dan SMK Karya RINI dikategorikan “sangat baik”. (3).Motivasi belajar siswa di SMK PI AMBARRUKMO 1 termasuk “baik”. Dan SMK KARYA RINI juga masuk kategori “baik”. (4).Terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana pendidikan akomodasi perhotelan dengan motivasi belajar siswa di SMK PI AMBARUKMO 1 dan SMK KARYA RINI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 May 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32853

Actions (login required)

View Item View Item