ANALISIS HAMBATAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Rian, Prasetyo (2016) ANALISIS HAMBATAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rian Prasetyo - 10503241020.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ANALISIS HAMBATAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Rian Prasetyo NIM 10503241020 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui faktor hambatan belajar dari segi internal siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik, (2) mengetahui faktor hambatan belajar dari segi eksternal siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik, (3) mengetahui hubungan antara faktor hambatan belajar internal siswa dengan prestasi belajar Teknologi Mekanik, (4) mengetahui hubungan antara faktor hambatan belajar internal siswa dengan prestasi belajar Teknologi Mekanik, (5) mengetahui sumbangan faktor hambatan belajar internal dan eksternal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK N 3 Yogyakarta, jurusan teknik pemesinan, tahun ajaran 2014/2015, berjumlah 128 orang. Sampel penelitian sebanyak 104 orang, ditentukan dengan nomogram Harry King. Sampel tiap kelas 26 orang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Tingkat validitas diketahui dengan pendapat para ahli (expert judgment), sedangkan tingkat reliabilitas diketahui dengan rumus Spearman Brown teknik belah dua ganjil-genap. Analisis data dengan teknik korelasi Product Moment, dan analisis regresi dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Prestasi belajar dari rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor hambatan belajar dari segi internal pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan skor paling rendah adalah kesiapan dengan skor 73,56, (2) Faktor hambatan belajar dari segi eksternal pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan skor paling rendah adalah faktor masyarakat dengan skor 71,78, (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Faktor hambatan belajar dapat dari segi internal dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan koefisien korelasi sebesar 0,207, (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Faktor hambatan belajar dapat dari segi eksternal dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan koefisien korelasi sebesar 0,236, (5) sumbangan dari faktor hambatan belajar dari segi eksternal lebih besar daripada dari segi internal pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dengan koefisien regresi masing-masing 0,054 dan 0,067. Kata kunci: analisis hambatan belajar, teknologi mekanik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 May 2016 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32851

Actions (login required)

View Item View Item