Implementasi KTSP Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman Berdasarkan Persepsi Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Yudanarto, Insan (2012) Implementasi KTSP Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman Berdasarkan Persepsi Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-insan-yudanarto-07703251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja manajemen sekolah madrasah aliyah negeri di Kabupaten Sleman dalam implementasi KTSP, meliputi: (1) kinerja kepala madrasah berdasarkan self‐assessment, (2) kinerja guru berdasarkan self‐assessment, (3) kinerja tenaga kependidikan berdasarkan self‐assessment dalam implementasi KTSP serta (4) kelengkapan sarana prasarana dalam mendukung implementasi KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di lima madrasah aliyah negeri di Kabupaten Sleman. Populasi penelitian sebanyak 316 orang. Sampel sebanyak 200 orang diambil menggunakan teknik simple random sampling, meliputi 5 kepala madrasah, 139 guru dan 56 tenaga kependidikan. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Kuisioner dibagikan kepada kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dengan cara menilai diri sendiri (self‐assessment) dan sistem silang yaitu saling menilai antar responden (among respondents to assess each other). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dengan membuat persentase dan kategori pada masing‐masing variabel berdasarkan kuisioner dan diolah menggunakan bantuan SPSS 15.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kinerja kepala madrasah berdasarkan self‐ assessment termasuk dalam kategori baik (rata‐rata 3,76 dari skala 1‐5), (2) kinerja guru madrasah berdasarkan self‐assessment termasuk dalam kategori baik (rata‐rata 4,07 dari skala 1‐5), (3) kinerja tenaga kependidikan madrasah berdasarkan self‐assessment termasuk dalam kategori sangat baik (rata‐rata 4,21 dari skala 1‐5), (4) kelengkapan sarana prasarana madrasah termasuk dalam kategori baik (rata‐rata 3,33 dari skala 1‐4).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KTSP
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 08:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item