Hapsari, Lady Wahyu (2016) PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB I.doc Download (87kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan hasil pengembangan LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (2) pertumbuhan kemampuan problem solving peserta didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) pertumbuhan sikap ingin tahu peserta didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning. Metode penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan model 4-D. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk dosen ahli dan guru IPA, lembar observasi keteraksanaan pembelajaran authentic inquiry learning, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan problem solving, instrumen soal tes problem solving berupa pretest dan posttest, lembar observasi sikap ingin tahu peserta didik, dan angket sikap ingin tahu peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VIII di SMP N 2 Imogiri. Teknik analisis data pada kelayakan, respon peserta didik, dan angket sikap ingin tahu dengan mengkonversi skor menjadi skala lima, untuk lembar observasi kemampuan problem solving dan sikap ingin tahu dengan persentase, kemudian untuk tes kemampuan problem solving dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian dari pengembangan LKPD IPA menunjukkan bahwa: (1) LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning layak digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik (A), didukung dengan hasil respon peserta didik terhadap LKPD IPA berada pada kategori baik (B) dan keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning dapat 100% terlaksana dengan sangat baik, (2) Kemampuan problem solving peserta didik berdasarkan analisis gain score 0,6 berada pada kategori Sedang, (3) Sikap ingin tahu peserta didik berada pada kategori sangat baik (A). Kata Kunci: LKPD, Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving, Sikap ingin Tahu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 23 May 2016 07:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 08:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32843 |
Actions (login required)
View Item |