PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Hudda, Karina Syahrul (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul IPA berbasis model PjBL pada pokok bahasan Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita yang layak berdasarkan penilaian dari validator, (2) mengetahui kelayakan modul IPA berbasis model PjBL pada pokok bahasan Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita berdasarkan respon peserta didik, dan (3) mengetahui efektivitas modul IPA berbasis model PjBL pada pokok bahasan Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita yang dikembangkan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan modul IPA ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perencangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas VII H SMP N 1 Wonosari. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi angket validasi modul IPA, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar observasi keterampilan berpikir kritis, soal berpikir kritis pada modul IPA, dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada angket validasi dan respon peserta didik adalah analisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kelayakan modul IPA. Data keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi berpikir kritis dan soal pada modul IPA diperoleh dengan menggunakan pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase, sedangkan pada soal pretest-posttest dianalisis dengan menggunakan gain score dan uji signifikansi dengan t-test berkorelasi untuk mengetahui pertumbuhan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan penilaian ahli secara keseluruhan meliputi aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek kegrafisan, modul IPA hasil pengembangan memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik. Kelayakan modul berdasarkan respon peserta didik ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek kegrafisan memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik. Modul ini dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP kelas VII, pertumbuhan keterampilan berpikir kritis dari lembar observasi sebesar 19,70%, kemudian melalui soal pada modul IPA diperoleh nilai pertumbuhan sebesar 17,13%. Sedangkan melalui soal pretest-posttest dengan perhitungan gain score menunjukkan angka 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang. Pertumbuhan keterampilan berpikir kritis signifikan setelah diuji signifikansi dengan uji t berkorelasi. Kata kunci: Modul IPA, Project Based Learning, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 23 May 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32839

Actions (login required)

View Item View Item