PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI TEKNIK DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATITUJUH KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT

Tia Fatimah, Tia (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI TEKNIK DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATITUJUH KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Tia Fatimah_11104241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat melalui teknik debat aktif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat rendah berdasarkan hasil pre-test. Pelaksanaan teknik debat aktif ini dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kemampuan memngemukakan pendapat, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Uji validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dengan analisis Product Moment menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 16.0 batas kriteria koefesien validitas yang digunakan peneliti adalah 0.25. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,862. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik debat aktif dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Keberhasilan penelitian ditunjukan dengan adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pre test sebesar 87.23, pada post test siklus I meningkat menjadi 136 dengan prosentase peningkatan sebesar 25.48%, dan pada post test siklus II menjadi 151.77 dengan prosentase peningkatan sebesar 33.62%. Hasil tersebut juga diperkuat dengan dengan observasi dan wawancara yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat. Siswa mampu mengemukakan pendapat dengan baik, siswa terlihat percaya diri ketika mengemukakan pendapat, dan siswa dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar ketika mengemukakan pendapat. Kata kunci: kemampuan mengemukakan pendapat, debat aktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 May 2016 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32838

Actions (login required)

View Item View Item