LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA JALAN A.M. SANGAJI NO. 11 YOGYAKARTA

Tri Hidayati Utami, Tri Hidayati Utami (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA JALAN A.M. SANGAJI NO. 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang didapat di kampus agar dapat dikembangkan oleh mahasiswa di dunia kerja.Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Adapun dalam Praktek Pengalaman Lapangan Kebijakan Pendidikan 2015 di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta ini pada dasarnya mengembangkan 4 kompetensi yaitu sebagai peneliti, perancang, networker, dan fasilitator. Pada PPl Individu kali ini program yang akan dilakukan adalah ”Analisis Masalah Dalam Proses Pelaporan Barang Habis Pakai dan Inventaris Di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta”. Yang dikembangkan dari PPL terkait program tersebut adalah kompetensi sebagai peneliti, karena kegiatan dilakukan untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan mereduksi terkait dengan permasalahan pelaporan baik dari sekolah maupun dari Dinas Pendidikan Kota Yogykarta. Selain itu juga mengembangkan kompetensi sebagai Perancang, karena hasil identifikasi ini akan dijadikan bahan pertimbangan dalam menemukan solusi yang nantinya dapat menjadi rekomendasi bagi kebijakan di Subag Umum khususnya, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta pada umumnya. Kompetensi sebagai fasilitator dapat berupa memfasilitasi Subag Umum dalam membuat bahan rancangan kebijakan selanjutnya. Selain itu juga kompetensi networker dapat dilakukan karena penelitian dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak, yaitu Bangdik, Dikdas dan UPT. Kegiatan PPL ini mengarahkan mahasiswa kepada dunia kerja yang nyata. Mengenai penggunaan ilmu dan pengetahuan yang didapat selama kuliah. Gambaran mengenai dinamika dunia kerja telah didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan PPL ini. PPL yang dilaksanakan ini selain memberikan pengalaman kerja, juga memberikan pengalaman pelaksanaan penelitian. Penelitian yang dilakukan di sekolah membuat mahasiswa lebih mengerti keadaaan nyata yang terjadi di sekolah, mulai dari adminitrasinya, program atau kegiatan untuk memajukan kualitas guru, meningkatkan kesejahteraan guru, dan lain-lain yang kesemuanya itu merupakan kebijakan dari pemerintah yang diawali dengan proses penelitian. Penelitian yang telah dilaksanakan ini membuat mahasiswa belajar bagaimana merumuskan kebijakan yang baik. Akhir dari proses penelitian ini juga menyadarkan mahasiswa bahwa setiap kebijakan yang dilaksanakan membutuhkan evaluasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Subag Umum, Mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 07:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32833

Actions (login required)

View Item View Item