Aldila Ana Prastika, Aldila Ana Prastika (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI SEKRETARIAT BANGDIK DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
aldila ana prastika pdf.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Reformasi pendidikan di Indonesia berjalan amat lamban, salah satunya disebabkan guru. Banyak guru tidak suka perubahan. Inginnya kurikulum dan cara mengajar tetap seperti yang sudah-sudah. Kondisi tidak lepas dari input perguruan tinggi yang mencetak guru kurang bagus. Pengamatan peneliti, sebelum terbitnya Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD), lulusan SMA/SMK/MA kurang tertarik melanjutkan ke perguruan tinggi keguruan.. Dari segi kesejahteraan, guru masih tertinggal dengan profesi lain, misalnya: dokter, pengacara, akuntan, teknik. Dalam kompetensi, guru wajib memenuhi empat kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Untuk memotret keempat kompetensi tersebut, pemerintah menyelenggarakan program sertifikasi guru. Masalah guru baik dalam jumlah, mutu, dan kesejahteraan harus mendapat prioritas dalam keseluruhan pendidikan nasional. Guru sebagaimana termaksud dalam pasal 1 ayat 1 adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah..
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Guru, Kompetensi Guru |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 May 2016 07:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |