PERBEDAAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL

Eko Dwi Purnomo (2016) PERBEDAAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EKO JADI FULL REVISI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi latar belakang masih ada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga menunjukkan nilai sosial yang kurang baik sedangkan ekstrakurikuler non olahraga cenderung menunjukan nilai sosial yang baik dengan displin dalam mempersiapkan kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Penelitian ini mengunakan metode survei. Subjek adalah peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Total subjek yang diambil 117 orang. Penelitian mengunakan instrument angket. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Z, menggunakan uji homogenitas uji F dan mengunakan uji beda dengan uji-t untuk pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Nilai-nilai sosial peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga lebih baik dibandikan dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Dilihat dari nilai rerata peserta didik yang mengikuri ekstrakurikuler olahraga adalah 132.09, dan rerata peserta didik yang mengikuti ekstrkurikuler non olahraga adalah 127.39. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Maka hipotesis yang mengatakan bahwa terdapat perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai sosial, ekstrakurikuler olahraga, ekstrakurikuler non olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 May 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32823

Actions (login required)

View Item View Item