PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Riadi, Eko Herwanto (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riadi Eko Herwanto - 06502241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : Riadi Eko Herwanto 06502241005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas belajar dengan prestasi belajar produktif siswa kelas XI prodi keahlian TEAV SMKN 2 Depok Sleman TA 2010/2011, (2) pengaruh perilaku belajar terhadap prestasi belajar produktif siswa kelas XI prodi keahlian TEAV SMKN 2 Depok Sleman TA 2010/2011, (3) pengaruh fasilitas belajar dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif siswa kelas XI prodi keahlian TEAV SMKN 2 Depok Sleman TA 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI prodi keahlian TEAV SMKN 2 Depok Sleman TA 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel Fasilitas Belajar dan Perilaku Belajar menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar Produktif menggunakan metode dokumentasi berupa nilai raport mata pelajaran produktif dari semester satu sampai dengan semester tiga. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah korelasi Product moment, sedangkan hipotesis 3 dengan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif antara Fasilitas Belajar (X1) dengan Prestasi Belajar Produktif (Y) yang ditunjukkan dengan harga rx1y 0.169 dan r2x1y 0.28 serta SE sebesar 29.4% dan SR sebesar 7.38%. (2) ada pengaruh positif antara Perilaku Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar Produktif (Y) yang ditunjukkan dengan harga rx2y 0.326 dan r2 x2y 0.107 serta SE sebesar 70.6% dan SR sebesar 17.72%. (3) ada pengaruh positif antara Fasilitas Belajar (X1), dan Perilaku Belajar (X2) secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Produktif (Y) yang ditunjukkan koefisien regresi ganda Ry(1,2) sebesar 0,501 dengan nilai interpretasi korelasi sedang dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.251 yang berarti bahwa 25.1 % perubahan variabel Prestasi Belajar Produktif (Y) dapat diterangkan oleh variabel Fasilitas Belajar (X1) dan Perilaku Belajar (X2). Kata Kunci : Pengaruh, Prestasi Belajar Produktif, Fasilitas Belajar, Perilaku Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 May 2016 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32818

Actions (login required)

View Item View Item