PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dewi Kurniasari, Istiana (2016) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 FE UNY, 2) mengetahui Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 FE, 3) mengetahui Pengaruh Minat menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara bersama-sama terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 FE UNY. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 FE UNY sejumlah 141 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang digunakan untuk memperoleh data variabel Kesiapan Mengajar, Minat menjadi Guru, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 FE UNY dengan hasil 17 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Kesiapan Mengajar, 17 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Minat menjadi Guru, dan 18 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Praktik Pengalaman Lapangan. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar dengan rx1y= 0,390, r2x1y= 0,152; thitung= 4,987; ttabel= 1,28758 dengan signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar dengan rx2y= 0,716, r2x2y= 0,513; thitung= 12,090; ttabel=1,28758 dengan signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara bersama-sama terhadap Kesiapan Mengajar Ry(1,2)= 0,726; R2y(1,2)= 0,527; Fhitung= 76,936; Ftabel= 3,062 dan signifikansi 5%. Sumbangan relatif Minat menjadi Guru sebesar 15,04% dan sumbangan efektif sebesar 7,93%. Sumbangan Relatif Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebesar 84,96% dan sumbangan efektif sebesar 44,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat menjadi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Mengajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 May 2016 06:36
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32815

Actions (login required)

View Item View Item