Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Persepsi Guru Gugus Ngloro, Saptosari, Gunungkidul

Prasetyowati, Dian (2013) Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Persepsi Guru Gugus Ngloro, Saptosari, Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian prasetyowati-10703254013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pemberdayaan KKG berbasis TIK berdasarkan persepsi guru guna perbaikan KKG di masa datang sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru. Persepsi guru mengenai implementasi program pembinaan guru berbasis TIK melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), meliputi: (1) relevansi materi dengan kebutuhan peserta, (2) karakteristik peserta, (3) karakteristik penatar, (4) ketersediaan sarana prasarana, (5) sistem pengelolaan KKG, (6) proses pelaksanaan kegiatan, (7) hasil program ,dan (8) dampak program. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model evaluasi input, proses, output dan outcome. Subyek penelitian adalah anggota KKG gugus Ngloro yang mengikuti pelatihan TIK sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, serta dokumentasi. Data kuantitatif di olah secara deskriptif dengan bantuan program SPSS 20 for Windows. Validitas instrumen dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan Alfa Cronbach. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat relevansi materi program KKG 60% dalam kategori baik artinya bahwa materi program yang diberikan sesuai dengan kebutuhan guru, (2) peserta KKG terdiri dari 30% SMA; 20% D2; 10% D3; dan 40% adalah sarjana, dengan status 80% PNS dan 20% non PNS, (3) penilaian untuk penatar tertinggi sebesar 87,38 ,(4) ketersediaan sarana prasarana penunjang kegiatan 43,33% dalam kategori baik ,(5) sistem pengelolaan KKG oleh pengurus sudah sangat baik dibuktikan dengan pengamatan peneliti sebagai pendamping kegiatan, (6) proses pelaksanaan program mendapat kategori baik 50%, (7) hasil program memperoleh kategori baik dengan capaian 60%, (8) dampak program dalam kategori baik sebesar 60%. Selain berdasarkan pendapat guru, dampak program dapat dilihat dari pelaksanaan tindaklanjut program melalui kegiatan project based learning yang dilakukan oleh siswa dengan pendampingan oleh guru. Dalam project based learning diangkat suatu permasalahan mengenai polusi di sekitar sekolah dengan tema “Lingkunganku Kotor, Paru-paruku Bocor”.Berdasarkan dokumentasi yang ada siswa mempunyai motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini dengan tujuan mengatasi permasalahan polusi udara yang berasal dari kandang sapi dekat sekolah. Hasil yang diperoleh sangat bermanfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkan dengan adanya program pemberdayaan KKG berbasis TIK bagi guru dapat meningkatkan profesional guru dalam mengajar sehingga siswa dapat secara langsung menjadi siswa yang kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah di sekitarnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan Kelompok Kerja Guru, Teknologi Informasi dan Komunikasi, persepsi guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 06:41
Last Modified: 03 Jan 2023 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32814

Actions (login required)

View Item View Item