Retno, Wulan Pratiwi Komar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGIAN-BAGIAN BUSANA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL INSTRUCTIONAL GAMES DI SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Retno Wulan Pratiwi Komar 10513241032.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGIAN-BAGIAN BUSANA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL INSTRUCTIONAL GAMES DI SMK NEGERI 3 MAGELANG Oleh: Retno Wulan Pratiwi Komar 10513241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menghasilkan media pembelajaran bagianbagian busana berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) model instructional games untuk siswa SMK kelas XI, 2)Menguji kelayakan media pembelajaran bagian-bagian busana berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) model instructional games untuk siswa SMK kelas XI berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru menggambar busana dan uji coba pada siswa SMK kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Magelang kelas XI sebanyak 30 siswa dan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis CAI model instructional games mata pelajaran menggambar busana materi macam-macam garis leher, lengan dan rok. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada prosedur Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov terdiri atas lima tahap, yaitu:1)analisis produk yang akan dikembangkan, 2)mengembangankan produk awal, 3)validasi ahli dan revisi, 4)uji coba lapangan skala kecil dan revisi, 5)uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Metode pengumpulan data dengan observasi dan angket. Penilaian kelayakan media pembelajaran busana berbasis CAI model instructional games melibatkan validator terdiri atas ahli materi, ahli media, guru, uji coba skala kecil terhadap 10 siswa, dan uji coba skala besar terhadap 30 siswa kelas XI SMK Negeri 3 Magelang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian pengembangan ini berupa:1) Produk media pembelajaran bagian-bagian busana berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) model instructional games. Media pembelajaran ini berupa games edukasi dengan judul “Reyko Desainer” yang berisi materi macam-macam garis leher, lengan dan rok. Pembuatan media pembelajaran ini melalui beberapa tahapan yaitu: melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, ujicoba lapangan skala besar dan produk akhir. 2)Media pembelajaran bagian-bagian busana berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) model instructional games dinyatakan layak untuk digunakan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data penelitian memperoleh hasil persentase kelayakan dari uji ahli media pembelajaran dan guru sebesar 91.2% berada dalam kategori sangat layak, uji ahli materi dan guru sebesar 94.7% berada dalam kategori sangat layak, uji skala kecil sebesar 97.5 % berada dalam kategori sangat layak dan uji skala besar sebesar 76.5% berada dalam kategori layak. Kata Kunci: pengembangan, computer assisted instruction, instructional games, bagian-bagian busana,
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Margiyanti |
| Date Deposited: | 18 May 2016 06:20 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 07:59 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
