PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KUTASARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Purbaningtyas, Seruni (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KUTASARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SERUNI PURBANINGTYAS_12803241017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016, 3) Mengetahui pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Minat Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 . Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 1 Padamara dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif Kedisiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,449; koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,202 dan harga thitung 5,178 > ttabel 1,983 pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,347; koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,121 dan harga thitung 3,811 > ttabel 1,983 pada taraf signifikansi 5%. 3) terdapat pengaruh positif Kedisiplinan Siswa dan Minat Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,474; koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,224 dan harga Fhitung 15,183 > Ftabel 3,082 pada tarif signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Kedisiplinan Siswa sebesar 77,8755% dan Sumbangan Efektifnya 17,444%. Sumbangan Relatif Minat Belajar sebesar 22,1245% dan Sumbangan Efektifnya 4,956%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 May 2016 05:57
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32809

Actions (login required)

View Item View Item