PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DI SMK N 6 YOGYAKARTA

Ratna, Mayangsari (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ratna Mayangsari 07513241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DI SMK N 6 YOGYAKARTA Ratna Mayangsari NIM.07513241014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan pembelajaran memilih bahan baku busana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team game tournament (TGT), 2) Besarnya peningkatan motivasi belajar memilih bahan baku busana dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) di SMK N 6 Yogyakarta, 3) Besarnya peningkatan prestasi belajar memilih bahan baku busana model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta dengan subyek penelitian adalah 34 siswa pada kelas X Busana Butik 3. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan soal post test. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgment expert). Hasil validasi menunjukkan bahwa model yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas angket motivasi menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0,817. Sedangkan, untuk mengukur reabilitas instrumen tes digunakan rumus KR 20 dengan nilai 0,8796. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi 1) pelaksanaan pembelajaran memilih bahan baku busana dilaksanakan melalui tahap perencanaan yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru, tahap tindakan, guru melakukan pembelajaran memilih bahan baku busana sesuai desain menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran, selanjutnya tahap refleksi yakni dilakukan perbaikan untuk tindakan siklus berikutnya, sehingga pembelajaran memilih bahan baku busana akan berjalan lebih baik. 2) Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata motivasi siswa, sebelum dikenai tindakan sebanyak 5 siswa dengan motivasi sangat rendah, 22 siswa dengan motivasi rendah, dan 5siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus I sebanyak 6 siswa dengan motivasi rendah dan 28 siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus II sebanyak 3 siswa dengan motivasi rendah, 28 siswa dengan motivasi tinggi dan 3 siswa dengan motivasi sangat tinggi. 3) Peningkatan prestasi dapat dilihat dalam peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 41,2% (14 siswa) yang sudah memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus I pencapaian KKM siswa meningkat menjadi 50% (17 siswa), dan setelah tindakan pada siklus II pencapaian KKM siswa meningkat 100 % (seluruh siswa) sudah memenuhi KKM. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar memilih bahan baku busana. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 May 2016 04:28
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32804

Actions (login required)

View Item View Item