PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC WORK BENCH (EWB) DAN PROTEUS TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH

Rasyid, Nugroho (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC WORK BENCH (EWB) DAN PROTEUS TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rasyid Nugroho 10502241023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC WORK BENCH (EWB) DAN PROTEUS TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH Oleh RasyidNugroho NIM 10502241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Electronic Work Bench (EWB) pada pelajaran teknik elektronika dasar program studi elektronika industri SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui peningakatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Proteus pada pelajaran teknik elektronika dasar program studi elektronika industri SMK Negeri 2 Pengasih, (3) peningakatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Proteus pada pelajaran teknik elektronika dasar program studi elektronika industri SMK Negeri 2 Pengasih, (4) Mengetahui media pembelajaran yang lebih cocok untuk pelajaran teknik elektronika dasar program studi elektronika industri SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode eksperimen semu dengan Two Group dan menggunakan Pretest Posttest Design. Subyek penelitian yaitu semua siswa kelas X Elektronika Industri SMK N 2 Pengasih berjumlah 63 siswa. Data yang dikumpulkan adalah nilai dari pretest dan posttest. Analisis perbedaan peningkatan menggunakan uji t test dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dapat menggunakan nilai gain. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Software aplikasi/simulasiElectronic Work Bench (EWB) masuk dalam kategori gainsedang, (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Software aplikasi/simulasi PROTEUS masuk dalam kategori gain sedang, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika antara siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Software aplikasi/simulasi Electronic Work Bench (EWB) dengan siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Software aplikasi/simulasi PROTEUS. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Software aplikasi/simulasi Electronic Work Bench (EWB) lebih tinggi dibanding dengan menggunakan media pembelajaran Software aplikasi/simulasi Proteus. Kata kunci : hasil belajar, media, Electronic Work Bench dan Proteus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 May 2016 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32802

Actions (login required)

View Item View Item