PEMENUHAN HAK-HAK ANAK USIA DINI MELALUI KAMPUNG RAMAH ANAK DI RW 05 KELURAHAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA

Sinduk Yudiana, Sinduk (2016) PEMENUHAN HAK-HAK ANAK USIA DINI MELALUI KAMPUNG RAMAH ANAK DI RW 05 KELURAHAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Sinduk Yudiana_12102241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pemenuhan hak-hak anak usia dini melalui Kampung Ramah Anak “Kambojo” 2) faktor pendukung dan penghambat pemenuhan hak-hak anak usia dini melalui Kampung Ramah Anak “Kambojo”. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian pengurus Kampung Ramah Anak (KRA), tokoh masyarakat, serta orang tua dari anak usia dini di RW 05 Kelurahan Tegalrejo. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemenuhan hak-hak anak usia dini melalui KRA “Kambojo” dilakukan dengan kegiatan a) hak hidup terdiri dari kegiatan pendataan kepemilikan akta kelahiran dan olahraga b) pemenuhan hak tumbuh dan berkembang pada anak usia dini dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan PAUD, TPA, belajar bersama, posyandu, BKB, pengecekan jentik nyamuk dan deklarasi bebas asap rokok c) pemenuhan hak perlindungan pada anak usia dini dilakukan melalui kegiatan plangisasi slogan dan budaya KRA, perbaikan lingkungan dan pendataan anak d) pemenuhan hak partisipasi pada anak usia dini dilakukan melalui kegiatan pelatihan tari, sosialisasi KRA, pentas seni, peringatan hari-hari besar nasional serta perayaan hari ulang tahun KRA “Kambojo” 2) faktor pendukung penyelenggaraan pemenuhan hak-hak anak usia dini, adanya dukungan dari pemerintah, adanya dukungan dari orang tua dan warga, tersedianya sarana dan prasarana dan adanya ide-ide kreatif dari pengurus KRA. Sedangkan faktor penghambat, kegiatan yang sudah ada belum dioptimalkan dengan baik, faktor dana penyelenggaraan program serta kesibukan pengurus KRA diluar Kampung Ramah Anak “Kambojo”. Kata kunci: Hak-Hak, Anak Usia Dini, Kampung Ramah Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 18 May 2016 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32796

Actions (login required)

View Item View Item