PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BAGI SISWA KELAS IV SDN 3 KATEKAN NGADIREJO TEMANGGUNG

Puspitasari, Dwi (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BAGI SISWA KELAS IV SDN 3 KATEKAN NGADIREJO TEMANGGUNG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwi Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dilaksanakan dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Katekan Ngadirejo Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Peningkatan ratarata hasil belajar tersebut sebesar 15,33. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan yaitu 65,33 dengan persentase ketuntasan 40% meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan 80% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80,67 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar IPS, pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 May 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32783

Actions (login required)

View Item View Item