PENGARUH PEMANFAATAN FILM “TANAH SURGA KATANYA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA

Wijaya, Raden Rahmat (2016) PENGARUH PEMANFAATAN FILM “TANAH SURGA KATANYA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11401244025M.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full 11401244025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan film “Tanah Surga Katanya” sebagai media pembelajaran dibandingkan dengan media slide powerpoint pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap nasionalisme pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental designs (nondesign) dengan bentuk Intact Group Comparison. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Pemanfaatan film “Tanah Surga Katanya” sebagai media pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap nasionalisme pada siswa yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pengasih. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan simple random sampling atau sampel campur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis hasil pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pemanfaatan film “Tanah Surga Katanya” sebagai media pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewaganegaraan terhadap sikap nasionalisme pada siswa karena dapat diketahui dari hasil uji hipotesis besar t hitung adalah 3,195 dan nilai t tabel dengan df 60 pada taraf signifikasnsi 5% sebesar 2,000. Nilai t hitung > t tabel (3,195 > 2,000) , atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,002 < 0,05) sehingga Ho ditolak. Dari hasil tersebut menunjukan ada perbedaan sikap nasionalisme kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah di berikan perlakuan berupa media film kepahlawanan “Tanah Surga Katanya”. Kata kunci: Media Pembelajaran, Sikap Nasionalisme, Film “Tanah Surga Katanya”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32782

Actions (login required)

View Item View Item