PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIKAN POLITIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Saputro, Bayu Dwi (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIKAN POLITIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11401244002.swf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peranan guru PKn dalam pengembangan OSIS sebagai pendidikan politik di SMP Negeri se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, 2) kendala-kendala yang dihadapi guru PKn dalam pengembangan OSIS sebagai pendidikan politik di SMP Negeri se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode fenomenologi. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive dan diperoleh dua subjek penelitian, yaitu Guru PKn dan Ketua OSIS di SMP Negeri se-Kecamatan Pengasih. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif melalui langkah-langkah reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: Pertama, guru PKn di SMP Negeri se-Kecamatan Pengasih sudah melaksanakan pendidikan politik pada saat pembelajaran di kelas dengan berbagai macam metode pembelajaran. Sedangkan peranan guru PKn di SMP Negeri se-Kecamatan Pengasih dalam pengembangan OSIS sebagai pendidikan politik masih belum dilaksanakan karena banyak kendala yang dihadapinya. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi guru PKn dalam pengembangan OSIS sebagai pendidikan politik adalah sulitnya menanamkan nilai-nilai politik kepada siswa, sulitnya membangun keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat, kurangnya koordinasi antar guru di sekolah untuk mengembangkan OSIS sebagai pendidikan politik, kurangnya kehadiran guru PKn di sekolah masing-masing, kurangnya partisipasi guru PKn dalam kegiatan-kegiatan OSIS dan kurangnya pembinaan mengenai pendidikan politik terhadap pengurus OSIS. Kata kunci: Peranan Guru PKn, Pengembangan OSIS, Pendidikan Politik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32780

Actions (login required)

View Item View Item