Hambatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri di Kecamatan Playen dalam Pemberlakuan Kurikulum 2013

Maryoto, Yudi (2016) Hambatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri di Kecamatan Playen dalam Pemberlakuan Kurikulum 2013. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11401244014.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hambatan yang dihadapi guru PPKn SMP Negeri di Kecamatan Playen dalam pemberlakuan Kurikulum 2013, (2) upaya yang dilakukan guru PPKn SMP Negeri di Kecamatan Playen untuk mengatasi hambatan dalam pemberlakuan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Diperoleh subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang guru PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Playen, SMP Negeri 2 Playen, SMP Negeri 3 Playen, dan SMP Negeri 4 Playen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check. Analisis data dilakukan dengan cara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hambatan guru PPKn dalam pemberlakuan Kurikulum 2013 digolongkan menjadi: (a) perencanaan pembelajaran yaitu guru mengalami kesulitan dalam penguasaaan media pembelajaran, serta distribusi Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 yang terlambat. (b) Pelaksanaan pembelajaran yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengoordinasikan peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, distribusi Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 yang terlambat, serta ketersediaan LCD Projektor yang terbatas. (c) Penilaian pembelajaran yaitu guru mengalami kesulitan untuk menilai aspek hasil belajar peserta didik, guru mengalami kesulitan dalam pengaturan waktu, serta banyaknya dokumen yang digunakan untuk penilaian. (2) Upaya guru PPKn untuk mengatasi hambatan dalam pemberlakuan Kurikulum 2013 terdiri dari: (a) perencanaan pembelajaran yaitu berupa kerja sama dengan teman-teman sejawat, memanfaatkan internet untuk menambah wawasan tentang Kurikulum 2013, serta memfotokopi sendiri buku-buku Kurikulum 2013. (b) Pelaksanaan pembelajaran berupa pemberian penguatan partisipasi belajar, memfotokopi sendiri buku-buku Kurikulum 2013, serta memperbanyak ketersediaan LCD Projektor. (c) Penilaian pembelajaran yaitu pemanfaatan aplikasi penilaian Kurikulum 2013. Upaya-upaya tersebut pada akhirnya tidak berlanjut seiring terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Kata Kunci: Hambatan, Guru PPKn, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32778

Actions (login required)

View Item View Item