IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Rokhmani, Tri Astuti (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tri Astuti Rokhmani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program-program dan kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Objek penelitian ini yaitu situasi sosial yang menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo dilaksanakan melalui (a) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, meliputi adanya visi misi yang berkaitan dengan lingkungan, RKAS untuk program lingkungan, keteladanan, tindakan spontan, kebiasaan rutin, dan pengkondisian. (b) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, meliputi perencanaan dan pelaksanaan pedidikan lingkungan hidup terintegrasi dalam mata pelajaran. (c) Kegiatan lingkungan berbasis partisispatif, meliputi pemeliharaan gedung dan lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas dan inovasi, serta kerjasama dengan orang tua hingga instansi pemerintah. (d) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, meliputi kelengkapan sarana, pemeliharaan sarana, hemat energi dan pelayanan kantin sehat. Dalam hal ini, implementasi sudah sampai tahap tindakan moral misalnya praktik menanam hidroponik dalam program KMDM, namun belum sampai tahap kebiasaan karena masih perlu diingatkan untuk selalu peduli lingkungan. (2) Kendala dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo yaitu dalam (a) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, meliputi kurangnya kesadaran siswa dan kurangnya pemahaman siswa tentang pemilahan sampah. (b) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, meliputi kurangnya persiapan guru, kurikulum belum berdiri sendiri dan kurangnya pemahaman siswa. (c) Kegiatan lingkungan berbasis partisispatif, meliputi kurangnya tim kerja yang solid, kurangnya kreativitas warga sekolah dan siswa kurang aktif dalam ekstrakurikuler. (d) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan meliputi kurang aktifnya kantin paguyuban, terdapat sarana yang rusak dan kurangnya kesadaran siswa untuk membeli makanan sehat. Kata kunci : implementasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 May 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32777

Actions (login required)

View Item View Item