PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016

Hayati, Agustin Nurochmah (2016) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Agustin Nurochmah Hayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016 secara parsial dan untuk mengetahui pengaruhnya bersama-sama, yaitu kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kebiasaan belajar dan perhatian orang tua, serta dokumen nilai raport semester 1 tahun ajaran 2015/2016 untuk variabel hasil belajar kognitif Matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri, dengan jumlah populasi 661 siswa. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 249 siswa. Untuk mengetahui validitas diuji dengan analisis korelasi product moment dan untuk mengetahui reliabilitas instrumen diuji dengan uji analisis Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan pada kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif Matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan Uji F dan Uji t. Pada Uji t didapatkan hasil bahwa pada variabel kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016 pada taraf signifikansi α = 0,05, nilai signifikansi 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05 dengan pengaruh 15,6%. Pada variabel perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016 juga didapatkan hasil yang sama, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan pengaruh 17,3%. Pada uji F didapatkan hasil Fhitung (60,434) > Ftabel (3,033) dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 246, serta tingkat signifikan 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05. Sehingga terbukti bahwa kebiasaan belajar dan perhatian orang tua secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelaas V SD Negeri se-Kecamatan Imogiri tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : kebiasaan belajar, perhatian orang tua, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 May 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32775

Actions (login required)

View Item View Item