Hubungan antara Pengetahuan Hukum dengan tingkat Kepatuhan terhadap Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta

Rinoyo, Gusdiwo (2016) Hubungan antara Pengetahuan Hukum dengan tingkat Kepatuhan terhadap Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401244018.swf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Full 12401244018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan hukum dengan tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pengetahuan hukum dan variabel terikat yaitu tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 258 siswa dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengundi 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 35% atau 95 siswa dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk pengetahuan hukum dan angket untuk tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Uji validitas terhadap kedua instrumen tersebut menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus K-R 20, sedangkan uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Alpha Acronbach. Uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas sampel menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan hukum dengan tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Nilai r hitung sebesar 0,456 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan koefisien determinasi 20,79%. Dari 95 siswa yang diteliti, tingkat pengetahuan hukum siswa dalam kategori sangat tinggi ada 25 anak (26,32%), kategori tinggi ada 67 anak (70,53%), kategori sedang ada 3 anak (3,16%), kategori rendah ada 0 anak (0%), dan pada kategori sangat rendah ada 0 anak (0 %). Sedangkan tingkat kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah dalam kategori sangat tinggi ada 46 anak (48,42%), kategori tinggi ada 48 anak (50,53%), kategori sedang ada 1 anak (1,05%), kategori rendah ada 0 anak (0%), dan pada kategori sangat rendah ada 0 anak (0 %). Kata kunci: Pengetahuan Hukum, Kepatuhan, Tata Tertib Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32774

Actions (login required)

View Item View Item