EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN

Sari, Dwi Wahyu Puspita (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401244019.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode kooperatif teknik Student Team Achievement Division berbantu media permainan Word Square dalam pencapaian prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 2 Gamping, Sleman yang terdiri dari 205 siswa dan terbagi ke dalam 6 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan cara pengundian kelas. Dari hasil undian diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan metode Student Team Achievement Division berbantu media permainan Word Square dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah bervariasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest,posttest) dan dokumen. Uji validitas menggunakan uji validitas isi, korelasi product moment, uji reliabilitas, dan analisis butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan gain score. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division berbantu media permainan Word Square lebih efektif dalam pencapaian prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Gamping Sleman. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai t sebesar 3,480 dengan taraf signifikansi 0,001 atau sig < 0,05. Hal ini didukung dari hasil gain score pada kelas eksperimen yang menunjukkan nilai 0,363 sehingga dikatakan memiliki efektivitas sedang, sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai 0,230 sehingga dalam katagori efektivitas rendah. Kata Kunci : Metode Kooperatif Teknik Student Team Achievement Division, Media Permainan Word Square, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32771

Actions (login required)

View Item View Item