PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPACARA MERTI DUSUN (STUDI UPACARA MERTI DUSUN DI DUSUN MANTUP, DESA BATURETNO, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL)

Setyawati, Annisa Ayu (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPACARA MERTI DUSUN (STUDI UPACARA MERTI DUSUN DI DUSUN MANTUP, DESA BATURETNO, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241052.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Merti dusun merupakan sebuah tradisi ungkapan rasa syukur atas hasil bumi serta kesejahteraan yang diterima oleh masyarakat. Upacara tradisi ini dilakukan secara turun temurun sejak zaman nenek moyang. Saat ini, upacara merti dusun telah mengalami beberapa perubahan dengan masuknya nilai materialistis dan pengaruh modernisasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat serta faktor yang melatarbelakangi partisipasi masyarakat dalam upacara merti dusun di Dusun Mantup. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata DIY, aparat desa, serta warga Dusun Mantup yang terlibat dalam upacara merti dusun. Teknik pengumpulan data dalam penenlitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan subyek adalah purposive sampling. Subyek penelitian berjumlah 11 orang. Adapun validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber, serta analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bentuk partisipasi masyarakat yang berupa: (1) partisipasi pikiran, (2) partisipasi tenaga, (3) partisipasi pikiran dan tenaga, (4) partisipasi keahlian, (5) partisipasi barang, serta (6) partisipasi uang. Bentuk partisipasi ini dipengaruhi adanya keterlibatan fisik, mental, dan emosional dari masyarakat. Adapun faktor yang melatarbelakangi partisipasi masyarakat antara lain: (1) faktor status sosial (jabatan pekerjaan), (2) tugas instansi, (3) adanya perasaan senang, (4) keinginan untuk menyumbangkan sesuatu kepada masyarakat, (5) status sebagai warga masyarakat, (6) diwajibkan untuk ikut, (7) memiliki tugas saat acara, serta (8) melestarikan budaya. Partisipasi yang dilakukan masyarakat sebagian besar didorong oleh adanya keinginan melestarikan budaya, jadi adanya unsur materialistis yang ada tidak memberi pengaruh yang besar terhadap partisipasi masyarakat dalam upacara merti dusun. Kata Kunci:Merti dusun, Dusun Mantup, Partisipasi masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 18 May 2016 00:49
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32766

Actions (login required)

View Item View Item