LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Fitria Afriani Maulida, Fitria Afriani Maulida (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Tek Sipil Perencanaan_14505247001_FITRIA AFRIANI MAULIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) ini terdapat beberapa kegiatan yang penulis lakukan diantaranya adalah mengajar dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan mengajar penulis melakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan Administrasi Guru, Silabus, RPP, Modul, Media Pembelajaran dan sebagainya. Sedangkan untuk praktik persekolahan adalah melakukan kegiatan pembuatan kalender akademik. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman menghadapi peserta diklat yang mempunyai karakter yang berbeda – beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan – hambatan yang muncul saat kegiatan diklat berlangsung dan bergaul dengan Bapak / Ibu Guru yang ada sebagai rekan kerja di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 4 RPP, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 5 kali pertemuan, dan melakukan satu kali evaluasi belajar untuk mata pelajaran Simulasi Digital di tiap kelasnya. Dalam pelaksanaan praktik mengajar metode yang digunakan yaitu menggunakan metode ceramah, demonstrasi, asimilasi, tanya jawab dan penugasan. Untuk lebih meningkatkan mutu dari kegiatan PPL di sekolah, maka sekolah perlu meningkatkan hubungan dengan pihak Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) yang telah terjalin dengan baik selama ini, baik dalam urusan PPL seperti sarana dan prasarana bagi mahasisswa PPL maupun penugasan koordinator PPL yang sudah berpengalaman. Sarana belajar perlu ditingkatakan baik kualitas maupun kuantitasnya. Dan pengadaan alat – alat praktik perlu dilengkapi agar tujuan dari proses belajar mengajar bisa tercapai seluruhnya. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL, haruslah melakukan persiapan lebih dini, dengan mencari informasi yang lengkap dari Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) dan kakak angkatan yang telah melaksanakan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Simulasi Digital, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 May 2016 08:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32760

Actions (login required)

View Item View Item