LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Dian Usna Astana Putra, Dian Usna Astana Putra (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Tek Sipil Perencanaan_12505244037_DIAN USNA ASTANA PUTRA.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Praktik Pelaksanaan Lapangan (PPL) merupakan program yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa SI Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL ini mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan mengajar terbimbing yang langsung dilaksanakan di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan UNY. Kegiatan PPL pada tahun 2015 dilaksanakan kurang lebih ± 1 bulan yang dimulai pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 4 kali tatap muka di depan kelas. Lokasi yang digunakan praktikan pada kegiatan PPL ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan R.W. Monginsidi 2A, Yogyakarta. Praktikan telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 13 kali selama kegiatan PPL berlangsung. Praktikan mengampu mata pelajaran Mekanika Teknik dengan tatap muka 2 kali seminggu yang setiap minggunya mengajar selama 8 jam dan mata pelajaran MDPL dengan tatap muka 1 kali seminggu dengan jumlah 5 jam dalam satu minggu. Secara keseluruhan kegiatan PPL terlaksana dengan baik, walaupun masih ada beberapa kendala seperti kesenjangan penguasaan materi di 2 kelas yang berbeda dan pengelolaan kelas yang sulit dikondisikan. Namun, antusiasme siswa dengan adanya mahasiswa PPL yang mengajar cukup baik. Dalam program pembelajaran, praktikan telah melaksanaan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 4 buah, administrasi guru, melakukan praktik mengajar sebanyak 13 kali pertemuan, dan melakukan 4 kali evaluasi belajar untuk mata pelajaran Mekanika Teknik di dua kelass yang berbeda. Metode yang digunakan di dalam kelas adalah metode ceramah, demonstrasi, asimilasi, tanya jawab dan penugasan. vii Melalui kegiatan PPL ini, praktikan mendapatkan hasil yang sangat bermanfaat sebagai bekal menjadi seorang pendidik yang profesional. Prakttikan juga mendapattkan gambaran tentang kegiatan pembelajaran di dalam kelas secara langsung serta nilai-nilai seperti nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras dan kebersamaan. Untuk PPL yang akan datang ada baiknya jika mahasiswa dan pihak sekolah telah menjalin kerjasama agar kegiatan yang nantinya dilaksanakan dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mekanika Teknik,, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 May 2016 08:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32759

Actions (login required)

View Item View Item