LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W Monginsidi 2A Jetis Telepon (0274) 513503 Yogyakarta 55233

Bayu Prastowo, Bayu Prastowo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W Monginsidi 2A Jetis Telepon (0274) 513503 Yogyakarta 55233. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Tek Sipil Perencanaan_12505241002_BAYU PRASTOWO.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang didukung bidang nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Misi tersebut kemudian diimplementasikan pada program pemberdayaan sekolah melalui jalur Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Pada kegiatan PPL ini, mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan RW. Monginsidi no. 2A, Yogyakarta merupakan lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL selama kurang lebih 1 bulan pada semester khusus, mulai dilaksanakan 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Praktik Pengalaman Kerja (PPL) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa, sehingga nantinya diharapkan akan mempunyai kesiapan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar sebanyak 2 kelas yaitu kelas X GB 1 dan X GB 2 dengan jumlah pertemuan kelas X GB 1 sebanyak 5 kali pertemuan dan X GB 2 sebanyak 4 kali pertemuan. Sehingga total pertemuan yakni 9 pertemuan. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, praktikan mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL , SMK N 3 Yogyakarta, Gambar Teknik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 May 2016 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32754

Actions (login required)

View Item View Item