STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI QUIP (PERTANYAAN MENJADI PARAGRAF) DAN STRATEGI PBL (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN

Laelatul, Azizah (2016) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI QUIP (PERTANYAAN MENJADI PARAGRAF) DAN STRATEGI PBL (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAELATUL AZIZAH_12201244040.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dan strategi konvensional; (2) perbedaan keterampilan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi PBL dan strategi konvensional; (3) perbedaan keterampilan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dan strategi PBL; serta (4) komparasi keefektifan strategi QUIP dan strategi PBL dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan penelitian ini adalah desain eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel penelitian ini, yaitu variabel bebas berupa strategi QUIP dan strategi PBL dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks berita. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati. Sampel penelitian adalah Kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen 1, Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2, dan Kelas VIII A sebagai kelompok kontrol. Validitas instrumen penelitian berupa expert judgement. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-F dan uji-t dengan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks berita siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dan strategi konvensional; (2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks berita siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi PBL dan strategi konvensional; (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks berita siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dan strategi PBL; dan (4) pembelajaran menulis teks berita yang menggunakan strategi QUIP lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis teks berita yang menggunakan strategi PBL pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati, Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perbandingan uji-t sampel berhubungan dan gain score kedua kelompok eksperimen. Hasil uji-t sampel berhubungan kelompok eksperimen 1 diperoleh t sebesar -8,759 dengan df 31 dan P sebesar 0,000 (P < 0,05 = signifikan). Kelompok eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 16,31, sedangkan kelompok eksperimen 2 mengalami peningkatan sebesar 15,22.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 May 2016 08:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item