Keefektifan Total Quality Management (TQM) SMA di Bawah Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta

Haryanto, Antonius (2012) Keefektifan Total Quality Management (TQM) SMA di Bawah Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-antonius-haryanto-09703254023.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) keefektifan pilar fokus pada pelanggan, tingkat kepuasan peserta didik, dan tingkat kepuasan orang tua peserta didik; (2) keefektifan pilar keterlibatan total; (3) keefektifan pilar pengukuran; (4) keefektifan pilar komitmen; dan (5) keefektifan pilar perbaikan berkelanjutan. Penelitian evaluatif ini menggunakan desain deskriptif-kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah discrepancy evaluation model. Tempat penelitian ini adalah SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, SMA Stella Duce 2 Yogyakarta, dan SMA Stella Duce Bantul. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI, orang tua peserta didik kelas XI, guru, dan kepala sekolah di tiga sekolah tersebut. Objek penelitian ini adalah: (1) keefektifan pilar fokus pada pelanggan, (2) keefektifan pilar keterlibatan total, (3) keefektifan pilar pengukuran, (4) keefektifan pilar komitmen, dan (5) keefektifan pilar perbaikan berkelanjutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis dokumen, dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, check-sheet dokumen, dan kuesioner. Tingkat keefektifan dinyatakan dalam bentuk persentase yang menunjukkan perbandingan antara rerata skor yang diperoleh dengan skor maksimum yang dapat diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pilar fokus pada pelanggan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan tingkat keefektifan 84,99%, peserta didik puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas sekolah dengan tingkat kepuasan 75,01%, dan orang tua peserta didik puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas sekolah dengan tingkat kepuasan 73,71%; (2) pilar keterlibatan total termasuk dalam kategori efektif dengan tingkat keefektifan 77,48%; (3) pilar pengukuran termasuk dalam kategori efektif dengan tingkat keefektifan 72,22%; (4) pilar komitmen termasuk dalam kategori sangat efektif dengan tingkat keefektifan 84,12%; dan (5) pilar perbaikan berkelanjutan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan tingkat keefektifan 81,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, Total Quality Management (TQM)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 08:14
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32751

Actions (login required)

View Item View Item