PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN BOGA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 YOGYAKARTA

Anie, Anggraini (2016) PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN BOGA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anie Anggraini 11511241035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN BOGA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 YOGYAKARTA Oleh: Anie Anggraini NIM. 11511241035 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pelaksanaan penerapan metode Snowball Throwing pada peserta didik dalam proses pembelajaran teori mata pelajaran Boga Dasar kelas X Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta; (2) mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dengan penerapan metode Snowball Throwing dalam proses pembelajaran Boga Dasar kelas X Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode Snowball Throwing dalam mata pelajaran Boga Dasar kelas X Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan alur Kemmis & Taggart sebanyak 2 siklus. Penggunaan 2 siklus dalam penelitian ini karena pada siklus II, hasil penelitian sudah sesuai dengan target peneliti. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Januari 2015 sampai dengan Juni 2015. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Patiseri SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah 31 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas intrumen tes hasil belajar dilakukan dengan cara diuji cobakan kepada peserta didik kelas XI Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta, dan dengan cara meminta pendapat dari para ahli (judgment expert). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, lembar observasi, dan tes hasil belajar; (2) peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Boga Dasar kompetensi dasar bumbu dasar dan rempah dengan metode Snowball Throwing yaitu dari siklus I sebesar 78,49% dan siklus II sebesar 87,50%. Peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 9,01%; (3) peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Boga Dasar kompetensi dasar bumbu dasar dan rempah dengan metode Snowball Throwing pada siklus I yaitu sebanyak 22 dari 31 orang peserta didik atau sebesar 70,96% sudah mendapatkan nilai lebih dari 80 atau dengan kategori “Sangat Baik” dan pada siklus II sebanyak 29 dari 31 orang peserta didik atau sebesar 93,55% mendapatkan nilai lebih dari 80 atau dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Keaktifan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 May 2016 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item