PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Sudarmaji, Andy (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andy Sudarmaji 11504241040.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh : Andy Sudarmaji NIM. 11504241040 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) membuat media pembelajaran untuk mata pelajaran sistem AC dengan aplikasi Lectora Inspire. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran sistem AC. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan mengadopsi prosedur penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Terdapat 10 tahapan prosedur penelitian yang dijalankan, yaitu (1) Analisis potensi dan masalasah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi massal. Proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, responden uji coba produk, dan responden uji coba pemakaian. Data dari angket kemudian diolah untuk menentukan tingkat kelayakan dari media pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran sistem AC dengan basis aplikasi Lectora. Media pembelajaran ini mendapatkan penilaian dari ahli materi, ahli media, uji coba produk, serta uji coba pemakaian. Hasil penilaian dari ahli materi untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata skor sebesar 3,8 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ahli media untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata skor sebesar 3,4 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari uji coba produk untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata skor sebesar 3,0 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari uji coba pemakaian untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata skor sebesar 3,4 dalam kategori layak. Sehingga disimpulkan bahwa dengan merujuk pada penilaian dari ahli materi, ahli media, uji coba produk, dan uji coba pemakaian dapat dinyatakan media pembelajaran sistem AC dengan basis aplikasi Lectora Inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Lectora, dan Mata Pelajaran Sistem AC.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 May 2016 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item