LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA YOGYAKARTA, 10 AGUSTUS 2015 s.d 12 SEPTEMBER 2015

BAGUS PRASETYO, BAGUS PRASETYO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA YOGYAKARTA, 10 AGUSTUS 2015 s.d 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
--PEND.TEK OTOMOTIF_12504241022_BAGUS PRASETYO--.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan kependidikan dengan gelar sarjana pendidikan selain tugas skripsi teknik di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini juga bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menjadi seorang guru yang memiliki wawasan serta profesionalisme yang tinggi dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015, praktikan diberikan tugas oleh guru pembimbing untuk mengampu mata pelajaran Teknik Listrik Otomotif khususnya kelas satu dengan jumlah tiga kelas antara lain X TKR 1, X TKR 2, dan X TKR 3. Kegiatan yang dilakukan pada saat kegiatan PPL adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat materi ajar selama satu tahun, membuat job sheet untuk praktik, serta praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dari kegiatan yang telah dilakukan selama hampir satu bulan ini praktikan memperoleh pengalaman yang sangat banyak dari misalnya menusun RPP yang baik, penyusunan Materi ajar, pengembangan media pembelajaran dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru, menerapkan inovasi pembelajaran dan masih banyak pengalaman yang berguna di kemudian hari. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PPL, hambatan dan masalah yang ditemui digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa PPL yang menjadi pemacu semangat agar dapat berperan lebih baik, sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat benar – benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 May 2016 06:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item