LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi No. 2A, Telp. 0274 – 513503 Yogyakarta

Ardy Candra Widyatmoko, Ardy Candra Widyatmoko (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi No. 2A, Telp. 0274 – 513503 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Tek Mekatronika_12518244023_ARDY CANDRA WIDYATMOKO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program Universitas Negeri Yogyakarta untuk menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan tempat atau wahana dalam membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang professional dan cakap dalam dunia pendidikan. SMK Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah kejuruan yang berada di kota Yogyakarta yang beralamat di Jl. R.W Monginsidi No.2A Yogyakarta dan merupakan salah satu tempat untuk menempuh kegiatan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai tempat pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dan cakap didunia pendidikan serta memberikan kesempatan untuk mengenal, mempelajari dan menghayati manajemen di sekolah maupun lembaga. Dalam pelaksanaanya mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Teknologi Mekanik sebanyak 2 kelas yaitu XTP1 dan XTP2 dengan jumlah pertemuan kelas sebanyak 10 kali pertemuan Secara keseluruhan, praktikan dapat memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan baik serta mendapatkan pengalaman dan gambaran nyata dalam dunia pendidikan. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah membuat RPP, media pembelajaran serta persiapan administrasi mengajar lainnya. Pada saat kegiatan PPL praktikan dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang sebaiknya antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Teknologi Mekanik, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 May 2016 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32732

Actions (login required)

View Item View Item