PENGARUH PERCAYA DIRI, KONSEP DIRI, DAN ETOS KERJA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA

Ramiyoto, Ramiyoto (2016) PENGARUH PERCAYA DIRI, KONSEP DIRI, DAN ETOS KERJA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ramiyoto 09501244004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERCAYA DIRI, KONSEP DIRI, DAN ETOS KERJA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA Ramiyoto 09501244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara percaya diri terhadap kemandirian belajar siswa, (2) Pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, (3) Pengaruh antara etos kerja terhadap kemandirian belajar siswa, (4) Pengaruh secara simultan antara percaya diri, konsep diri, dan etos kerja terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 113 siswa dengan jumlah sampel 70 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah percaya diri (X1), konsep diri (X2), etos kerja (X3), dan kemandirian belajar (Y). Pengumpulan data dari keempat variabel menggunakan kuesioner atau angket dengan skala Likert. Pengujian prasyarat analisis hipotesis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga serta analisis regresi linear ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh percaya diri terhadap kemandirian belajar siswa adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,751; (2) Pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,540; (3) Etos kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,719; Sedangkan (4) Percaya diri, konsep diri, etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa yang dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,796. Kata kunci : etos kerja, kemandirian belajar, konsep diri, percaya diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 May 2016 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32722

Actions (login required)

View Item View Item