IDENTIFIKASI STATISTIK PERTANDINGAN PERATURAN LIMA DAN ENAM PADA PARTAI SEMIFINAL BOLABASKET PORSENI SMP SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016

Deny Setiawan (2016) IDENTIFIKASI STATISTIK PERTANDINGAN PERATURAN LIMA DAN ENAM PADA PARTAI SEMIFINAL BOLABASKET PORSENI SMP SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Deny Setiawan.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak penyimpangan Peraturan Lima dan Enam yang dilakukan oleh pemain PORSENI SMP kabupaten Bantul, selain itu belum diketahuinya statistik pertandingan peraturan tersebut pada sebuah pertandingan bolabasket PORSENI SMP kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi statistik pertandingan Peraturan Lima dan Enam yang dilakukan pada partai tersebut secara akurat dan sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta pada partai semifinal bolabasket PORSENI SMP di kabupaten Bantul berjumlah 8 sekolah dan semuanya dijadikan objek yang diteliti. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyimpangan peraturan lima yang terjadi adalah traveling dengan 45 kali (32%), three seconds 11 kali (8%), deliberate foot ball 5 kali (4%), carrying the ball 4 kali (3%), double dribble 2 kali (1%), ball returned to backcourt 2 kali (1%). Kesalahan yang paling sedikit pada Peraturan Lima adalah five seconds dan eight seconds dengan masingmasing 0 kali (0%). Sedangakan penyimpangan peraturan enam yang terjadi adalah personal foul dengan 71 kali (51%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, peraturan lima dan enam, bolabasket, PORSENI
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2016 08:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32720

Actions (login required)

View Item View Item