PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA

Qurniati, Novita Dwi (2016) PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA PERAYAAN SEKATEN SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BAHAN CELANA WANITA. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
TAKS FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir Karya Seni ini bertujuan untuk menciptakan motif batik yang terinspirasi dari perayaan sekaten untuk bahan pembuatan celana wanita. Proses penciptaan motif batik bahan celana wanita dengan ide dasar perayaan sekaten dilakukan melaluimetode penciptaan seni kriya yang terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama adalah eksplorasi, dilakukan dengan pengamatan dan pengumpulan data mengenaisumber yang relevan dengan pokok bahasan, yaitu mengenai batik, celana, dan perayaan sekaten. Tahap ke dua adalah perancangan, pada tahap perancangan langkah yang dilakukan adalah pembuatan motif alternatif untuk mendapatkan motif terpilih yang akan disusun menjadi pola. Tahap ke tiga adalah tahap perwujudan, ialah meliputi proses pembuatan karya. Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya batik ini adalah teknik batik tulis. Karya yang dibuat mengkombinasikan berbagai macam warna, motif yang berukuran besar, sedang, dan kecil. Selain itu kain batik yang diciptakan ditujukan sebagai bahan sandang dalam pembuatan celana wanita. Hasil karya yang dibuat berjumlah delapan karya yaitu: 1) Batik “Udhik-udhik”, 2) Batik “Nabuh Gamelan”, 3) Batik “Celana Harremnov Gejok Lesung”, 4) Batik “Gunungan Wadhon”, 5) Batik “Celana WrapnovGerebeg”, 6) Batik “Pasar Malam Sekaten”, 7) Batik “Dolanan Sekaten”, 8) Batik “Endog Abang”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 17 May 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32714

Actions (login required)

View Item View Item