IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016

WAHYUNIYANTO, TRI (2016) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_12803241040_TRI WAHYUNIYANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 melalui implementasi Model Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa: 1) Observasi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa: 1) Lembar Observasi Aktivitas Belajar Akuntansi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Aktivitas Belajar Akuntansi, menghitung persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan yaitu Aktivitas Belajar Akuntansi dalam pembelajaran dengan Model Problem Based Learning mencapai 75% untuk setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Pengasih dapat meningkat setelah diberi tindakan Implementasi Model Problem Based Learning. Terjadi peningkatan keseluruhan Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor di setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I sebesar 67,11% ke siklus II menjadi sebesar 88,10%. Peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I pada siklus II meningkat sebesar 20,99%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 May 2016 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32707

Actions (login required)

View Item View Item